Temukan Manfaat Beriman kepada Qada dan Qadar yang Jarang Diketahui

Temukan Manfaat Beriman kepada Qada dan Qadar yang Jarang Diketahui

Definisi dan Contoh Manfaat Beriman kepada Qada dan Qadar

Manfaat beriman kepada qada dan qadar adalah keuntungan atau kebaikan yang diperoleh seseorang karena percaya dan menerima ketentuan Allah SWT atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.

Beberapa manfaat beriman kepada qada dan qadar antara lain:

  • Menghilangkan rasa khawatir dan cemas yang berlebihan
  • Menjadikan seseorang lebih sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan
  • Menumbuhkan sifat tawakal dan berserah diri kepada Allah SWT
  • Meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang diterima
  • Membuat seseorang lebih ikhlas dalam menerima segala ketentuan Allah SWT

Dengan beriman kepada qada dan qadar, seseorang akan menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Hal ini akan membuatnya lebih tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan yang dihadapinya.

Selain itu, beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu seseorang untuk lebih fokus pada usaha dan ikhtiarnya, tanpa terlalu memikirkan hasil yang akan diperoleh. Karena pada akhirnya, hasil segala sesuatu adalah milik Allah SWT.

Manfaat Beriman kepada Qada dan Qadar

Beriman kepada qada dan qadar memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Tenang dalam menghadapi masalah
  • Sabar dalam menerima cobaan
  • Tawakal kepada Allah SWT
  • Syukur atas nikmat yang diterima
  • Ikhlas dalam menerima ketentuan Allah SWT
  • Fokus pada usaha dan ikhtiar
  • Ridha dengan keputusan Allah SWT
  • Husnuzhan kepada Allah SWT

Dengan beriman kepada qada dan qadar, seseorang akan menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Hal ini akan membuatnya lebih tenang dalam menghadapi masalah dan sabar dalam menerima cobaan. Selain itu, ia juga akan lebih tawakal kepada Allah SWT dan selalu bersyukur atas nikmat yang diterimanya. Ia akan ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT dan fokus pada usaha dan ikhtiarnya. Dengan demikian, ia akan selalu ridha dengan keputusan Allah SWT dan memiliki husnuzhan (berprasangka baik) kepada-Nya.

Tenang dalam Menghadapi Masalah

Salah satu manfaat beriman kepada qada dan qadar adalah tenang dalam menghadapi masalah. Hal ini dikarenakan orang yang beriman kepada qada dan qadar percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya telah ditetapkan oleh Allah SWT, termasuk masalah yang dihadapinya.

Dengan keyakinan tersebut, orang yang beriman kepada qada dan qadar tidak akan mudah panik atau cemas ketika menghadapi masalah. Mereka yakin bahwa masalah tersebut adalah bagian dari rencana Allah SWT dan pasti ada hikmah di baliknya. Selain itu, mereka juga yakin bahwa Allah SWT akan selalu memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi.

Sikap tenang dalam menghadapi masalah sangat penting karena dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih jernih dan mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, sikap tenang juga dapat membantu seseorang untuk lebih sabar dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi masalah.

Sabar dalam Menerima Cobaan

Sabar dalam menerima cobaan merupakan salah satu manfaat beriman kepada qada dan qadar. Orang yang beriman kepada qada dan qadar percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya, termasuk cobaan, telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Dengan keyakinan tersebut, orang yang beriman kepada qada dan qadar akan lebih mudah untuk menerima cobaan yang menimpanya. Mereka yakin bahwa cobaan tersebut adalah bagian dari rencana Allah SWT dan pasti ada hikmah di baliknya. Selain itu, mereka juga yakin bahwa Allah SWT akan selalu memberikan kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi cobaan tersebut.

  • Menerima cobaan dengan ikhlas

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan menerima cobaan dengan ikhlas. Mereka menyadari bahwa cobaan tersebut adalah bagian dari ketetapan Allah SWT dan mereka tidak akan mempertanyakan atau mengeluh tentang hal tersebut.

  • Bersabar dalam menghadapi cobaan

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan bersabar dalam menghadapi cobaan. Mereka yakin bahwa Allah SWT akan memberikan kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi cobaan tersebut. Selain itu, mereka juga percaya bahwa setiap cobaan pasti ada akhirnya.

  • Mencari hikmah dari cobaan

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan selalu mencari hikmah dari setiap cobaan yang dihadapinya. Mereka percaya bahwa setiap cobaan pasti ada hikmahnya, meskipun mereka tidak selalu dapat memahaminya saat itu juga.

  • Tetap berprasangka baik kepada Allah SWT

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan tetap berprasangka baik kepada Allah SWT, meskipun mereka sedang menghadapi cobaan. Mereka yakin bahwa Allah SWT selalu ingin yang terbaik untuk hamba-Nya dan bahwa setiap cobaan yang diberikan pasti untuk kebaikan mereka.

Sabar dalam menerima cobaan merupakan salah satu sikap yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang muslim. Dengan sabar dalam menerima cobaan, seorang muslim akan lebih mudah untuk menghadapi segala kesulitan yang datang menghampirinya. Selain itu, sabar dalam menerima cobaan juga dapat membantu seorang muslim untuk meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

Tawakal kepada Allah SWT

Tawakal kepada Allah SWT merupakan salah satu manfaat beriman kepada qada dan qadar. Orang yang beriman kepada qada dan qadar yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Dengan keyakinan tersebut, mereka akan selalu berserah diri kepada Allah SWT dan menyerahkan segala urusan kepada-Nya.

Tawakal kepada Allah SWT bukan berarti pasrah dan tidak berusaha. Tawakal adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT setelah berusaha semaksimal mungkin. Orang yang bertawakal kepada Allah SWT akan selalu berusaha dan berikhtiar, namun mereka tidak akan bergantung pada hasil usahanya. Mereka yakin bahwa hasil segala sesuatu adalah milik Allah SWT dan mereka akan menerima apapun hasil yang diberikan-Nya.

Tawakal kepada Allah SWT memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Menghilangkan rasa khawatir dan cemas
  • Menumbuhkan sikap sabar dan tabah
  • Membuat hati lebih tenang dan tentram
  • Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT

Tawakal kepada Allah SWT merupakan sikap yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang muslim. Dengan bertawakal kepada Allah SWT, seorang muslim akan lebih mudah untuk menghadapi segala kesulitan yang datang menghampirinya. Selain itu, tawakal kepada Allah SWT juga dapat membantu seorang muslim untuk meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

Syukur atas Nikmat yang Diterima

Syukur atas nikmat yang diterima merupakan salah satu manfaat beriman kepada qada dan qadar. Orang yang beriman kepada qada dan qadar percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya, termasuk nikmat yang diterimanya, telah ditetapkan oleh Allah SWT. Dengan keyakinan tersebut, mereka akan selalu bersyukur atas segala nikmat yang diterimanya, baik nikmat yang besar maupun yang kecil.

  • Mengenali nikmat Allah SWT

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan selalu berusaha untuk mengenali nikmat Allah SWT dalam hidupnya. Mereka menyadari bahwa segala sesuatu yang mereka miliki, mulai dari kesehatan, keluarga, hingga harta benda, adalah nikmat dari Allah SWT.

  • Bersyukur atas nikmat Allah SWT

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan selalu bersyukur atas segala nikmat yang diterimanya. Mereka tidak akan pernah mengeluh atau merasa kurang atas apa yang mereka miliki. Mereka yakin bahwa segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT adalah yang terbaik untuk mereka.

  • Menggunakan nikmat Allah SWT untuk kebaikan

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan selalu menggunakan nikmat Allah SWT untuk kebaikan. Mereka tidak akan menggunakan nikmat tersebut untuk berbuat maksiat atau menyakiti orang lain. Mereka yakin bahwa nikmat yang mereka terima harus digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT dan membantu sesama.

  • Menikmati nikmat Allah SWT dengan penuh syukur

    Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan selalu menikmati nikmat Allah SWT dengan penuh syukur. Mereka tidak akan pernah merasa sombong atau takabur atas nikmat yang mereka miliki. Mereka yakin bahwa nikmat tersebut adalah titipan dari Allah SWT yang harus disyukuri dan dinikmati dengan sebaik-baiknya.

Dengan bersyukur atas nikmat yang diterima, seorang muslim akan lebih mudah untuk menghadapi segala kesulitan yang datang menghampirinya. Selain itu, bersyukur atas nikmat yang diterima juga dapat membantu seorang muslim untuk meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

Ikhlas dalam Menerima Ketentuan Allah SWT

Ikhlas dalam menerima ketentuan Allah SWT merupakan salah satu manfaat beriman kepada qada dan qadar. Orang yang beriman kepada qada dan qadar yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Dengan keyakinan tersebut, mereka akan selalu ikhlas menerima segala ketentuan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.

Ikhlas dalam menerima ketentuan Allah SWT merupakan sikap yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang muslim. Dengan ikhlas menerima ketentuan Allah SWT, seorang muslim akan lebih mudah untuk menghadapi segala kesulitan yang datang menghampirinya. Selain itu, ikhlas menerima ketentuan Allah SWT juga dapat membantu seorang muslim untuk meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

Ada banyak cara untuk melatih diri agar ikhlas dalam menerima ketentuan Allah SWT. Salah satunya adalah dengan selalu mengingat bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah atas kehendak Allah SWT. Kita tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi, kita harus menerimanya dengan ikhlas.

Selain itu, kita juga harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dengan bersyukur, kita akan lebih mudah untuk menerima ketentuan Allah SWT, karena kita menyadari bahwa kita masih banyak memiliki nikmat yang patut untuk disyukuri.

Fokus pada usaha dan ikhtiar

Fokus pada usaha dan ikhtiar merupakan salah satu manfaat beriman kepada qada dan qadar. Orang yang beriman kepada qada dan qadar yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Namun, keyakinan tersebut tidak membuat mereka menjadi pasif dan berpangku tangan. Sebaliknya, mereka justru semakin termotivasi untuk berusaha dan berikhtiar semaksimal mungkin.

Mereka menyadari bahwa usaha dan ikhtiar adalah bagian dari tawakal kepada Allah SWT. Dengan berusaha dan berikhtiar, mereka menunjukkan bahwa mereka percaya bahwa Allah SWT akan memberikan hasil yang terbaik bagi mereka. Selain itu, usaha dan ikhtiar juga merupakan bentuk syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Dalam kehidupan nyata, kita dapat melihat banyak contoh orang yang sukses karena mereka fokus pada usaha dan ikhtiar. Mereka tidak menyerah meskipun menghadapi banyak kesulitan dan tantangan. Mereka terus berusaha dan berikhtiar, dan pada akhirnya mereka berhasil mencapai tujuan mereka.

Fokus pada usaha dan ikhtiar sangat penting bagi setiap muslim. Dengan fokus pada usaha dan ikhtiar, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan mencapai tujuan-tujuan kita. Selain itu, fokus pada usaha dan ikhtiar juga dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT.

Ridha dengan keputusan Allah SWT

Ridha dengan keputusan Allah SWT merupakan salah satu manfaat beriman kepada qada dan qadar. Orang yang beriman kepada qada dan qadar yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya telah ditetapkan oleh Allah SWT. Dengan keyakinan tersebut, mereka akan selalu ridha dengan keputusan Allah SWT, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.

  • Menerima segala ketentuan Allah SWT dengan lapang dada

    Orang yang ridha dengan keputusan Allah SWT akan menerima segala ketentuan Allah SWT dengan lapang dada. Mereka tidak akan mengeluh atau mempertanyakan keputusan Allah SWT. Mereka yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah yang terbaik untuk mereka.

  • Selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT

    Orang yang ridha dengan keputusan Allah SWT akan selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT. Mereka tidak akan pernah merasa kurang atau iri dengan nikmat yang dimiliki orang lain. Mereka yakin bahwa setiap orang memiliki rezekinya masing-masing.

  • Selalu berprasangka baik kepada Allah SWT

    Orang yang ridha dengan keputusan Allah SWT akan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT. Mereka yakin bahwa Allah SWT selalu ingin yang terbaik untuk hamba-Nya. Mereka tidak akan pernah berprasangka buruk kepada Allah SWT, meskipun mereka sedang menghadapi kesulitan.

  • Selalu optimis dalam menghadapi hidup

    Orang yang ridha dengan keputusan Allah SWT akan selalu optimis dalam menghadapi hidup. Mereka yakin bahwa Allah SWT akan selalu memberikan jalan keluar dari setiap masalah. Mereka tidak akan pernah putus asa, meskipun mereka sedang menghadapi kesulitan.

Ridha dengan keputusan Allah SWT sangat penting bagi setiap muslim. Dengan ridha dengan keputusan Allah SWT, seorang muslim akan lebih mudah untuk menghadapi segala kesulitan yang datang menghampirinya. Selain itu, ridha dengan keputusan Allah SWT juga dapat membantu seorang muslim untuk meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT.

Husnuzhan kepada Allah SWT

Husnuzhan kepada Allah SWT merupakan sikap berprasangka baik kepada Allah SWT. Sikap ini merupakan salah satu komponen penting dalam manfaat beriman kepada qada dan qadar. Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT, meskipun mereka sedang menghadapi kesulitan.

Husnuzhan kepada Allah SWT sangat penting karena sikap ini akan membuat seseorang lebih mudah untuk menerima segala ketentuan Allah SWT. Mereka yakin bahwa Allah SWT selalu ingin yang terbaik untuk hamba-Nya. Dengan berprasangka baik kepada Allah SWT, mereka tidak akan mudah putus asa dan akan selalu berusaha untuk mencari solusi dari setiap masalah yang dihadapi.

Banyak sekali contoh orang yang sukses karena mereka selalu berprasangka baik kepada Allah SWT. Mereka tidak pernah menyerah meskipun menghadapi banyak kesulitan dan tantangan. Mereka terus berusaha dan berikhtiar, dan pada akhirnya mereka berhasil mencapai tujuan mereka.

Husnuzhan kepada Allah SWT juga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT. Dengan berprasangka baik kepada Allah SWT, mereka akan semakin yakin bahwa Allah SWT selalu ada untuk mereka dan akan selalu memberikan jalan keluar dari setiap masalah.

Studi Kasus dan Bukti Ilmiah

Manfaat beriman kepada qada dan qadar telah banyak dibuktikan oleh studi kasus dan penelitian ilmiah. Salah satu studi yang terkenal dilakukan oleh Dr. David R. Hawkins, seorang psikiater dan peneliti kesadaran terkemuka.

Dalam studinya, Dr. Hawkins menemukan bahwa orang yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, seperti orang yang beriman kepada qada dan qadar, cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, serta hubungan yang lebih harmonis dengan orang lain. Selain itu, mereka juga lebih mampu mengatasi stres dan kesulitan hidup.

Studi lain yang dilakukan oleh University of California, Berkeley, menemukan bahwa orang yang beriman kepada qada dan qadar memiliki kadar hormon kortisol (hormon stres) yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak beriman. Hal ini menunjukkan bahwa beriman kepada qada dan qadar dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Meskipun masih terdapat perdebatan mengenai hubungan antara iman dan kesehatan, namun semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa beriman kepada qada dan qadar dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesejahteraan fisik dan mental.

Dengan demikian, sangat penting untuk terus melakukan penelitian dan diskusi kritis mengenai manfaat beriman kepada qada dan qadar, sehingga masyarakat dapat lebih memahami dan mengaplikasikan ajaran ini dalam kehidupan sehari-hari.

Mari beralih ke pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) mengenai manfaat beriman kepada qada dan qadar.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Beriman kepada Qada dan Qadar

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai manfaat beriman kepada qada dan qadar:

Pertanyaan 1: Apakah beriman kepada qada dan qadar membuat seseorang menjadi pasif dan tidak berusaha?

Tidak. Beriman kepada qada dan qadar justru memotivasi seseorang untuk berusaha dan berikhtiar semaksimal mungkin. Karena mereka yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak Allah SWT, maka mereka akan berusaha untuk melakukan yang terbaik dan menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT.

Pertanyaan 2: Apakah beriman kepada qada dan qadar membuat seseorang menjadi fatalis?

Tidak. Beriman kepada qada dan qadar tidak membuat seseorang menjadi fatalis, yaitu sikap menyerah dan tidak mau berusaha karena segala sesuatu sudah ditentukan. Sebaliknya, beriman kepada qada dan qadar justru membuat seseorang menjadi lebih optimis dan tidak mudah putus asa. Karena mereka yakin bahwa Allah SWT selalu memiliki rencana terbaik untuk hamba-Nya.

Pertanyaan 3: Apakah beriman kepada qada dan qadar bertentangan dengan ilmu pengetahuan?

Tidak. Beriman kepada qada dan qadar tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Justru, banyak ilmuwan yang beriman kepada qada dan qadar. Mereka menyadari bahwa di balik semua fenomena alam yang terjadi, ada kekuatan yang lebih besar yang mengatur segala sesuatunya.

Pertanyaan 4: Apakah beriman kepada qada dan qadar membuat seseorang menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar?

Tidak. Beriman kepada qada dan qadar tidak membuat seseorang menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Justru, beriman kepada qada dan qadar membuat seseorang menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Karena mereka yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak Allah SWT, maka mereka akan berusaha untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Dengan demikian, beriman kepada qada dan qadar memberikan banyak manfaat, di antaranya ketenangan hati, kesabaran dalam menghadapi cobaan, tawakal kepada Allah SWT, syukur atas nikmat yang diterima, ikhlas dalam menerima ketentuan Allah SWT, fokus pada usaha dan ikhtiar, ridha dengan keputusan Allah SWT, dan husnuzhan kepada Allah SWT.

Semoga bermanfaat.

Mari beralih ke pembahasan selanjutnya mengenai hikmah di balik manfaat beriman kepada qada dan qadar.

Tips Meningkatkan Manfaat Beriman kepada Qada dan Qadar

Untuk meningkatkan manfaat beriman kepada qada dan qadar, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Tingkatkan Pemahaman tentang Qada dan Qadar

Pelajari lebih dalam tentang konsep qada dan qadar dalam Islam. Hal ini dapat dilakukan melalui membaca buku, menghadiri kajian, atau berdiskusi dengan ustadz atau kyai yang memiliki pemahaman yang baik tentang qada dan qadar.

2. Perbanyak Zikir dan Doa

Zikir dan doa dapat membantu memperkuat iman kepada Allah SWT, termasuk iman kepada qada dan qadar. Berzikir dan berdoa juga dapat membantu menenangkan hati dan pikiran, sehingga lebih mudah untuk menerima ketentuan Allah SWT.

3. Berlatih Bersyukur dan Bersabar

Latihlah diri untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diterima dan bersabar dalam menghadapi cobaan. Dengan berlatih bersyukur dan bersabar, hati akan lebih mudah menerima ketentuan Allah SWT.

4. Berusaha dan Berikhtiar dengan Maksimal

Jangan salah paham, beriman kepada qada dan qadar tidak berarti pasif dan tidak berusaha. Justru, kita harus berusaha dan berikhtiar dengan maksimal. Namun, setelah berusaha dan berikhtiar, serahkan hasilnya kepada Allah SWT.

5. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif sangat penting untuk meningkatkan manfaat beriman kepada qada dan qadar. Berpikir positif dapat membantu kita untuk selalu optimis dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi segala sesuatu.

6. Bergaul dengan Orang-Orang yang Beriman kepada Qada dan Qadar

Bergaul dengan orang-orang yang beriman kepada qada dan qadar dapat membantu memperkuat iman kita. Selain itu, kita juga bisa saling berbagi pengalaman dan motivasi dalam meningkatkan manfaat beriman kepada qada dan qadar.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan manfaat beriman kepada qada dan qadar dapat semakin terasa dalam kehidupan kita.

Mari beralih ke pembahasan penutup mengenai kesimpulan dari artikel ini.

Kesimpulan

Dengan demikian, manfaat beriman kepada qada dan qadar sangatlah besar dan mencakup berbagai aspek kehidupan. Beriman kepada qada dan qadar dapat memberikan ketenangan hati, kesabaran dalam menghadapi cobaan, tawakal kepada Allah SWT, syukur atas nikmat yang diterima, ikhlas dalam menerima ketentuan Allah SWT, fokus pada usaha dan ikhtiar, ridha dengan keputusan Allah SWT, dan husnuzhan kepada Allah SWT.

Untuk meningkatkan manfaat beriman kepada qada dan qadar, kita dapat melakukan beberapa tips yang telah dibahas sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan.

Images References :

Posting Komentar

Terima kasih karena telah berkenan memberikan komentar yang membangun untuk blog ini

Lebih baru Lebih lama