Para siswa di sekolah-sekolah negara bagian Victoria akan diajarkan membaca menggunakan metode fonik mulai tahun 2025.

Dalam ringkasannya: Semua sekolah negara bagian Victoria akan menggunakan metode fonik untuk mengajar membaca mulai tahun 2025. Pemerintah menyatakan bahwa guru akan menghabiskan setidaknya 25 menit setiap hari untuk "pengajaran eksplisit" tentang fonik dan kesadaran fonem.



Langkah selanjutnya? Semua sekolah negeri akan menggunakan metode pengajaran yang sama untuk membaca. Semua sekolah negara bagian Victoria akan mengadopsi fonik mulai tahun depan karena pemerintah berupaya meningkatkan tingkat membaca siswa mulai dari persiapan hingga kelas 2 di seluruh negara bagian.


Pemerintah telah mengumumkan Model Pengajaran dan Pembelajaran terbaru untuk semua sekolah pemerintah yang akan diterapkan mulai tahun depan yang berfokus pada apa yang dikenal sebagai "pengajaran eksplisit".


Siswa dari persiapan hingga kelas 2 akan diajarkan membaca menggunakan fonik sintetis, yang membantu siswa memecah kata-kata menjadi bunyi-bunyi individual.


Guru akan menghabiskan setidaknya 25 menit setiap hari untuk pengajaran eksplisit tentang fonik dan kesadaran fonem di ruang kelas.


Semua sekolah negara bagian Victoria akan diwajibkan menggunakan pendekatan ini dalam mengajar membaca.


Menteri Pendidikan Victoria, Ben Carroll, mengatakan langkah ini mengikuti penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Penelitian Pendidikan Australia dan Institut Grattan yang menunjukkan bahwa pengajaran eksplisit adalah yang terbaik untuk sebagian besar siswa.


"Bukti menunjukkan bahwa pengajaran eksplisit dan penggunaan instruksi fonik sintetis sistematis memberikan hasil — meskipun kita sudah unggul dalam hasil NAPLAN di antara negara-negara lain, kita selalu berusaha untuk memperbaiki, terutama dalam meningkatkan hasil untuk siswa yang kurang beruntung," katanya.


Ko-direktur La Trobe Science of Language and Reading Lab, Pamela Snow, menyambut baik langkah ini, mengatakan bahwa fonik adalah metode pengajaran yang terbukti.


"Banyak guru mengatakan kepada kami di La Trobe bahwa cara pengajaran ini adalah perubahan, 'Saya berharap saya belajar ini di universitas. Dan kita memerlukan semua universitas untuk turut serta dalam ini,'" katanya.


Profesor Snow mengatakan bahwa pendekatan seragam untuk membaca di seluruh sekolah akan memberikan hasil terbaik.


"Kita tidak bisa memiliki sistem pendidikan yang hanya memenuhi kebutuhan siswa yang lebih mampu dan lebih beruntung," katanya.


"Kita harus memiliki sistem yang membawa semua orang, dan membuat 95 persen atau lebih anak-anak melintasi jembatan."


Pendekatan seragam dalam mengajar membaca

Perubahan kebijakan ini akan membuat sekolah-sekolah negeri di Victoria semuanya menggunakan pendekatan fonik dalam mengajar membaca, yang membuat Victoria sejalan dengan negara bagian lain seperti NSW dan Australia Selatan, yang memiliki pendekatan seragam.


Direktur program pendidikan di Institut Grattan, Jordana Hunter, mengatakan itu akan sangat membantu guru.


"Saya pikir itu akan sangat membantu menghilangkan banyak kebingungan di sekolah. Kita melihat campuran pendekatan pengajaran membaca di sekolah-sekolah Victoria selama beberapa dekade ini dan ini benar-benar akan berarti bahwa guru bisa yakin bahwa mereka bisa mengadopsi praktik terbaik," kata Dr Hunter kepada ABC Radio Melbourne.


"Kita pasti akan melihat peningkatan dalam proporsi siswa yang mencapai standar yang memadai di NAPLAN di kelas tiga."


Dr Hunter mengatakan bahwa data yang tersedia masih belum cukup mengenai metode apa yang digunakan di kelas-kelas untuk mengajar membaca, dengan sebagian besar sekolah sudah menggunakan fonik tetapi beberapa menggunakan metode yang berbeda atau campuran metode.


"Yang kita inginkan adalah tentu saja sekolah-sekolah yang belum mengadopsi pendekatan fonik untuk ikut serta, tetapi juga sekolah-sekolah di tengah yang menggunakan keduanya," katanya.


"Dengan pengembangan profesional yang kuat, kita bisa melihat peningkatan kinerja yang sangat baik juga."

Posting Komentar

Terima kasih karena telah berkenan memberikan komentar yang membangun untuk blog ini

Lebih baru Lebih lama