Manfaat Sholawat yang Jarang Diketahui, Wajib Kamu Tahu!

Manfaat Sholawat yang Jarang Diketahui, Wajib Kamu Tahu!

Sholawat adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat Islam dengan melantunkan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan para sahabatnya. Dalam ajaran Islam, sholawat memiliki banyak manfaat atau keutamaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Di antara manfaat sholawat adalah sebagai berikut:

  • Mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat.
  • Diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.
  • Ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT.
  • Diberikan keberkahan dalam hidupnya.
  • Dilindungi dari segala macam bahaya.
  • Diberi kemudahan dalam segala urusannya.
  • Mendapat ketenangan hati dan pikiran.

Selain itu, sholawat juga memiliki manfaat sosial, yaitu mempererat tali persaudaraan sesama umat Islam dan menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari.

manfaat sholawat

Sholawat memiliki banyak manfaat atau keutamaan, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah 9 manfaat utama sholawat:

  • Mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW
  • Diampuni dosa
  • Ditinggikan derajat
  • Diberi keberkahan
  • Dilindungi dari bahaya
  • Diberi kemudahan dalam segala urusan
  • Mendapat ketenangan hati
  • Mempererat tali persaudaraan
  • Menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Selain manfaat-manfaat tersebut, membaca sholawat juga dapat menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena dengan membaca sholawat, kita akan mengingat dan meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Dan Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang mencintai dan meneladani Nabi Muhammad SAW.

Mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW

Salah satu manfaat utama sholawat adalah mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat. Syafaat adalah pertolongan atau pembelaan yang diberikan oleh seseorang yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah SWT. Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW memiliki kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah SWT, sehingga syafaatnya sangat diharapkan oleh seluruh umat Islam.

  • Peranan syafaat Nabi Muhammad SAW

    Syafaat Nabi Muhammad SAW akan diberikan kepada umatnya yang beriman dan beramal saleh. Syafaat ini akan meringankan beban mereka di akhirat dan membantu mereka masuk surga.

  • Contoh syafaat Nabi Muhammad SAW

    Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Aku adalah orang yang pertama kali memberikan syafaat pada hari kiamat." (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Implikasi dalam konteks manfaat sholawat

    Dengan membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat. Syafaat ini sangat penting bagi kita, karena dapat membantu kita masuk surga dan terhindar dari siksa neraka.

Selain manfaat tersebut, sholawat juga memiliki banyak manfaat lainnya, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari.

Diampuni dosa

Membaca sholawat dapat menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits, antara lain:

  • Hadits pertama

    Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengampuni dosanya sebanyak sepuluh kali." (HR. Muslim)

  • Hadits kedua

    Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca sholawat kepadaku pada pagi hari sebanyak seratus kali dan pada sore hari sebanyak seratus kali, maka Allah akan menghapus dosanya yang telah lalu, meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa membaca sholawat dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi umat Islam, karena tidak ada manusia yang luput dari dosa. Dengan memperbanyak membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh ampunan dosa dari Allah SWT dan masuk surga.

Ditinggikan derajat

Salah satu manfaat sholawat yang sangat besar adalah ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits, antara lain:

  • Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa bershalawat kepadaku, Allah akan mengangkat derajatnya." (HR. Muslim)
  • Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca sholawat kepadaku sepuluh kali, Allah akan mengangkat derajatnya sepuluh derajat." (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadits-hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa membaca sholawat dapat menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan kemuliaan dan kehormatan di sisi Allah SWT. Hal ini sangat penting bagi setiap muslim, karena derajat yang tinggi di sisi Allah SWT akan membawa banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Di dunia, orang yang memiliki derajat tinggi akan dihormati dan dihargai oleh masyarakat. Mereka juga akan lebih mudah dalam mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Di akhirat, orang yang memiliki derajat tinggi akan mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW dan masuk surga.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh derajat yang tinggi di sisi Allah SWT dan mendapatkan segala manfaat yang menyertainya.

Diberi keberkahan

Membaca sholawat dapat menjadi jalan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Keberkahan adalah segala sesuatu yang membawa kebaikan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Keberkahan dapat berupa kesehatan, kekayaan, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

  • Keberkahan dalam rezeki

    Salah satu bentuk keberkahan yang dapat diperoleh dari membaca sholawat adalah keberkahan dalam rezeki. Rezeki yang berkah adalah rezeki yang cukup, halal, dan membawa manfaat. Dengan membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh rezeki yang berkah dan mencukupi kebutuhan hidup kita.

  • Keberkahan dalam keluarga

    Membaca sholawat juga dapat mendatangkan keberkahan dalam keluarga. Keluarga yang berkah adalah keluarga yang harmonis, saling menyayangi, dan dijauhkan dari segala macam masalah. Dengan membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh keberkahan dalam keluarga dan hidup bahagia bersama orang-orang yang kita cintai.

  • Keberkahan dalam ilmu pengetahuan

    Selain keberkahan dalam rezeki dan keluarga, membaca sholawat juga dapat mendatangkan keberkahan dalam ilmu pengetahuan. Ilmu yang berkah adalah ilmu yang bermanfaat, dapat diamalkan, dan membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh keberkahan dalam ilmu pengetahuan dan menjadi orang yang berilmu dan berakhlak mulia.

Dengan demikian, membaca sholawat dapat menjadi jalan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari.

Dilindungi dari bahaya

Salah satu manfaat sholawat yang sangat penting adalah dilindungi dari bahaya. Bahaya dapat datang dari berbagai macam bentuk, seperti kecelakaan, bencana alam, kejahatan, dan lain sebagainya. Dengan membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh perlindungan dari Allah SWT dari segala macam bahaya.

Perlindungan dari bahaya yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang membaca sholawat tidak hanya bersifat fisik, tetapi juga spiritual. Secara fisik, orang yang membaca sholawat akan dijauhkan dari segala macam kecelakaan dan bencana alam. Secara spiritual, orang yang membaca sholawat akan dijauhkan dari segala macam gangguan jin dan setan.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca sholawat kepadaku pada pagi hari sebanyak seratus kali dan pada sore hari sebanyak seratus kali, maka Allah akan melindunginya dari segala macam bahaya." (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa membaca sholawat merupakan salah satu cara untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari segala macam bahaya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari.

Diberi kemudahan dalam segala urusan

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat lain dari membaca sholawat adalah diberi kemudahan dalam segala urusan. Urusan yang dimaksud di sini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan manusia, baik urusan dunia maupun urusan akhirat.

  • Kemudahan dalam urusan dunia

    Salah satu bentuk kemudahan dalam segala urusan yang dapat diperoleh dari membaca sholawat adalah kemudahan dalam urusan dunia. Urusan dunia meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan manusia di dunia, seperti pekerjaan, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

  • Kemudahan dalam urusan akhirat

    Selain kemudahan dalam urusan dunia, membaca sholawat juga dapat mendatangkan kemudahan dalam urusan akhirat. Urusan akhirat meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan manusia setelah kematian, seperti hisab, mizan, dan surga dan neraka.

Dengan demikian, membaca sholawat dapat menjadi jalan untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan, baik urusan dunia maupun urusan akhirat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari.

Mendapat ketenangan hati

Di antara manfaat sholawat yang sangat penting adalah mendapat ketenangan hati. Ketenangan hati merupakan salah satu hal yang sangat didambakan oleh setiap manusia, karena dengan ketenangan hati, seseorang akan dapat menjalani hidupnya dengan lebih bahagia dan sejahtera.

  • Menghilangkan stres dan kecemasan

    Membaca sholawat dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan yang melanda hati. Ketika seseorang membaca sholawat, pikirannya akan terfokus pada hal-hal yang positif, yaitu mengingat dan memuji Rasulullah SAW. Dengan demikian, pikiran akan menjadi lebih tenang dan damai.

  • Menumbuhkan rasa syukur

    Membaca sholawat juga dapat menumbuhkan rasa syukur dalam hati. Ketika seseorang membaca sholawat, ia akan teringat akan segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepadanya. Dengan demikian, ia akan menjadi lebih bersyukur dan menghargai apa yang dimilikinya.

  • Menghilangkan rasa takut

    Membaca sholawat juga dapat menghilangkan rasa takut yang menghantui hati. Ketika seseorang membaca sholawat, ia akan teringat bahwa Allah SWT selalu bersamanya dan akan melindunginya dari segala macam bahaya. Dengan demikian, ia akan menjadi lebih berani dan tidak mudah takut.

  • Menghilangkan rasa kesepian

    Membaca sholawat juga dapat menghilangkan rasa kesepian yang melanda hati. Ketika seseorang membaca sholawat, ia akan teringat bahwa ia tidak sendirian, karena Rasulullah SAW selalu bersamanya. Dengan demikian, ia akan merasa lebih tenang dan tidak kesepian.

Dengan demikian, membaca sholawat dapat menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan ketenangan hati. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari.

Mempererat tali persaudaraan

Membaca sholawat dapat menjadi salah satu jalan untuk mempererat tali persaudaraan sesama umat Islam. Hal ini karena sholawat merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang kepada Rasulullah SAW. Dan ketika umat Islam saling mencintai dan menyayangi Rasulullah SAW, maka mereka juga akan saling mencintai dan menyayangi sesama muslim.

  • Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan

    Membaca sholawat bersama-sama dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan di antara umat Islam. Ketika umat Islam berkumpul untuk membaca sholawat, mereka akan merasa bahwa mereka adalah bagian dari sebuah keluarga besar. Hal ini akan memperkuat tali persaudaraan di antara mereka.

  • Menghapus perbedaan dan perselisihan

    Membaca sholawat juga dapat menghapus perbedaan dan perselisihan yang ada di antara umat Islam. Ketika umat Islam bersatu untuk membaca sholawat, mereka akan melupakan segala perbedaan dan perselisihan yang ada di antara mereka. Hal ini akan mempererat tali persaudaraan dan memperkuat ukhuwah Islamiyah.

  • Menumbuhkan rasa toleransi dan saling pengertian

    Membaca sholawat dapat menumbuhkan rasa toleransi dan saling pengertian di antara umat Islam. Ketika umat Islam membaca sholawat bersama-sama, mereka akan belajar untuk menghargai perbedaan pendapat dan pandangan yang ada di antara mereka. Hal ini akan mempererat tali persaudaraan dan menciptakan suasana yang harmonis di antara umat Islam.

Dengan demikian, membaca sholawat dapat menjadi salah satu jalan untuk mempererat tali persaudaraan sesama umat Islam. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari.

Menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu manfaat utama dari membaca sholawat. Rasa cinta kepada Rasulullah SAW akan membawa banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, orang yang mencintai Rasulullah SAW akan mendapatkan syafaatnya di akhirat. Di akhirat, orang yang mencintai Rasulullah SAW akan mendapatkan tempat yang tinggi di surga.

Ada banyak cara untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memperbanyak membaca sholawat. Sholawat adalah pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca sholawat, kita akan semakin mengingat dan mengenali Rasulullah SAW. Hal ini akan membuat kita semakin cinta dan sayang kepada beliau.

Selain membaca sholawat, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Di antaranya adalah:

  • Mempelajari sejarah dan perjuangan Rasulullah SAW
  • Mempelajari akhlak dan sifat-sifat Rasulullah SAW
  • Meneladani Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari
Dengan menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, kita akan mendapatkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperbanyak membaca sholawat dan melakukan berbagai cara lain untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat membaca sholawat telah banyak dibuktikan oleh penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menunjukkan bahwa membaca sholawat dapat meningkatkan kadar hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin dikenal sebagai hormon kebahagiaan, sehingga dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Airlangga Surabaya menunjukkan bahwa membaca sholawat dapat meningkatkan aktivitas otak di bagian prefrontal cortex. Bagian otak ini berperan dalam fungsi kognitif, seperti memori, perhatian, dan pemecahan masalah. Dengan demikian, membaca sholawat dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah penurunan daya ingat.

Meskipun masih terdapat perdebatan mengenai mekanisme kerja sholawat dalam memberikan manfaat, namun bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan bahwa membaca sholawat memiliki dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Namun, penting untuk dicatat bahwa manfaat membaca sholawat tidak hanya terbatas pada aspek kesehatan. Membaca sholawat juga memiliki manfaat spiritual, seperti menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan syafaatnya di akhirat.

Dengan demikian, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk mendapatkan manfaat kesehatan maupun manfaat spiritual.

Silakan baca bagian FAQ di bawah ini untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat membaca sholawat.

FAQ tentang Manfaat Membaca Sholawat

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat membaca sholawat:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat membaca sholawat?

Membaca sholawat memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Beberapa manfaatnya antara lain:

  • Mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat
  • Diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT
  • Ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT
  • Diberi keberkahan dalam hidupnya
  • Dilindungi dari segala macam bahaya
  • Diberi kemudahan dalam segala urusannya
  • Mendapat ketenangan hati dan pikiran
  • Mempererat tali persaudaraan sesama umat Islam
  • Menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Pertanyaan 2: Apakah ada bukti ilmiah tentang manfaat membaca sholawat?

Ya, ada beberapa penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa membaca sholawat memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Misalnya, sebuah studi menunjukkan bahwa membaca sholawat dapat meningkatkan kadar hormon endorfin dalam tubuh, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Studi lain menunjukkan bahwa membaca sholawat dapat meningkatkan aktivitas otak di bagian prefrontal cortex, yang berperan dalam fungsi kognitif.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membaca sholawat yang benar?

Tidak ada ketentuan khusus tentang cara membaca sholawat. Yang terpenting adalah membaca sholawat dengan ikhlas dan penuh penghayatan. Berikut ini adalah salah satu bacaan sholawat yang umum dibaca:

"Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad, kama shollayta ala Ibrahim wa ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid."

Pertanyaan 4: Berapa kali sebaiknya membaca sholawat dalam sehari?

Tidak ada ketentuan khusus tentang berapa kali sebaiknya membaca sholawat dalam sehari. Namun, semakin sering membaca sholawat, semakin banyak manfaat yang akan diperoleh.

Pertanyaan 5: Apakah ada waktu khusus untuk membaca sholawat?

Tidak ada waktu khusus untuk membaca sholawat. Membaca sholawat dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Pertanyaan 6: Apakah membaca sholawat hanya untuk orang dewasa?

Tidak, membaca sholawat dapat dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat membaca sholawat. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat membaca sholawat, silakan baca artikel di atas.

Tips Membaca Sholawat

Berikut ini adalah beberapa tips membaca sholawat agar mendapatkan manfaat yang maksimal:

1. Baca dengan ikhlas dan penuh penghayatan

Saat membaca sholawat, fokuslah pada makna dan tujuan dari sholawat tersebut. Jangan hanya membaca dengan terburu-buru atau tanpa memperhatikan artinya.

2. Perhatikan waktu dan tempat

Meskipun tidak ada waktu khusus untuk membaca sholawat, namun ada beberapa waktu yang lebih afdal untuk membaca sholawat, seperti setelah shalat atau saat berkumpul dengan sesama muslim.

3. Berjamaah

Membaca sholawat secara berjamaah memiliki keutamaan yang lebih besar daripada membaca sholawat secara individu. Hal ini karena membaca sholawat secara berjamaah menunjukkan kebersamaan dan ukhuwah Islamiyah.

4. Perhatikan bacaan dan gerakan

Saat membaca sholawat, perhatikan bacaan dan gerakannya dengan benar. Hal ini penting agar sholawat yang dibaca sah dan mendapatkan pahala yang sempurna.

5. Istiqomah

Istiqomah dalam membaca sholawat sangat penting agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Usahakan untuk membaca sholawat secara rutin setiap hari, meskipun hanya beberapa kali.

6. Berdoa

Setelah membaca sholawat, jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT. Mohonlah kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosa, dikabulkan hajat-hajat, dan diberikan syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat.

7. Bersyukur

Bersyukurlah kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia yang telah diberikan, termasuk nikmat dapat membaca sholawat. Bersyukur dapat dilakukan dengan cara memperbanyak membaca sholawat dan melakukan amalan-amalan baik lainnya.

Demikian beberapa tips membaca sholawat agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Silakan baca bagian FAQ di bawah ini untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat membaca sholawat.

Kesimpulan

Membaca sholawat merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Sholawat memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, membaca sholawat dapat mendatangkan keberkahan, kemudahan dalam segala urusan, ketenangan hati, dan mempererat tali persaudaraan sesama umat Islam. Di akhirat, membaca sholawat dapat menjadi jalan untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, diampuni dosa-dosanya, dan mendapatkan tempat yang tinggi di surga.

Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca sholawat dalam kehidupan sehari-hari. Membaca sholawat dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, dengan ikhlas dan penuh penghayatan. Dengan memperbanyak membaca sholawat, kita berharap dapat memperoleh manfaat yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Images References :

Posting Komentar

Terima kasih karena telah berkenan memberikan komentar yang membangun untuk blog ini

Lebih baru Lebih lama