Ungkap Manfaat Batubara yang Jarang Diketahui

Ungkap Manfaat Batubara yang Jarang Diketahui

Manfaat batubara adalah salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Batubara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang telah terkubur dan mengalami proses pelapukan selama jutaan tahun. Batubara mengandung karbon, hidrogen, dan oksigen, serta sejumlah kecil unsur-unsur lainnya.

Batubara memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai bahan bakar. Batubara dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, menggerakkan mesin, dan memanaskan rumah. Selain itu, batubara juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri, seperti pembuatan kokas, gas alam, dan tar batubara. Kokas digunakan dalam proses pembuatan baja, sedangkan gas alam dan tar batubara digunakan sebagai bahan bakar atau bahan baku industri lainnya.

Batubara telah digunakan sebagai sumber energi selama berabad-abad. Pada awal abad ke-19, batubara menjadi sumber energi utama bagi mesin uap, yang mendorong terjadinya Revolusi Industri. Hingga saat ini, batubara masih menjadi salah satu sumber energi utama di dunia, meskipun penggunaannya mulai berkurang karena adanya sumber energi alternatif yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Manfaat Batubara

Batubara merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai bahan bakar, bahan baku industri, dan sumber energi. Berikut adalah 8 aspek penting terkait manfaat batubara:

  • Bahan bakar pembangkit listrik
  • Bahan bakar industri
  • Bahan baku kokas
  • Bahan baku gas alam
  • Bahan baku tar batubara
  • Sumber energi utama
  • Mendorong Revolusi Industri
  • Alternatif sumber energi

Batubara sebagai bahan bakar pembangkit listrik menjadikannya sumber energi yang sangat penting. Selain itu, batubara juga digunakan sebagai bahan bakar industri, seperti pada pabrik semen, keramik, dan baja. Kokas, gas alam, dan tar batubara yang merupakan hasil olahan batubara juga memiliki manfaat penting dalam berbagai industri. Sebagai sumber energi utama, batubara telah memainkan peran penting dalam perkembangan peradaban manusia, dan hingga saat ini masih menjadi sumber energi yang diandalkan di banyak negara.

Bahan bakar pembangkit listrik

Batubara merupakan sumber bahan bakar utama untuk pembangkit listrik di banyak negara di dunia. Pembakaran batubara menghasilkan panas yang digunakan untuk menggerakkan turbin, yang pada akhirnya menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan kemudian didistribusikan ke rumah, bisnis, dan industri melalui jaringan listrik.

Manfaat utama penggunaan batubara sebagai bahan bakar pembangkit listrik adalah ketersediaannya yang melimpah dan harganya yang relatif murah. Batubara juga memiliki nilai kalor yang tinggi, yang berarti dapat menghasilkan banyak energi dengan jumlah yang sedikit. Selain itu, teknologi pembangkit listrik tenaga batubara sudahdan dapat diandalkan.

Namun, pembangkit listrik tenaga batubara juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan utamanya adalah emisi gas rumah kaca, terutama karbon dioksida, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Selain itu, pembangkit listrik tenaga batubara juga menghasilkan limbah dalam bentuk abu dan terak, yang harus dikelola dengan hati-hati menghindari dampak negatif terhadap lingkungan.

Meskipun terdapat beberapa kelemahan, batubara masih merupakan sumber bahan bakar yang penting untuk pembangkit listrik di banyak negara. Hal ini disebabkan oleh ketersediaannya yang melimpah, harganya yang relatif murah, dan teknologinya yangdan dapat diandalkan. Namun, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan dampak lingkungan dari pembangkit listrik tenaga batubara, banyak negara mulai beralih ke sumber energi alternatif yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Bahan bakar industri

Batubara merupakan bahan bakar yang penting bagi industri. Manfaat batubara sebagai bahan bakar industri sangat beragam, antara lain:

  • Sebagai bahan bakar untuk pabrik semen
  • Sebagai bahan bakar untuk pabrik keramik
  • Sebagai bahan bakar untuk pabrik baja
  • Sebagai bahan bakar untuk industri lainnya

Batubara memiliki nilai kalor yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan panas yang besar. Hal ini membuat batubara menjadi bahan bakar yang efisien dan efektif untuk digunakan dalam proses industri. Selain itu, batubara juga tersedia secara melimpah dan harganya relatif murah. Hal ini membuat batubara menjadi bahan bakar yang ekonomis untuk digunakan dalam industri.

Penggunaan batubara sebagai bahan bakar industri memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian. Industri yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar dapat menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah, sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar global. Selain itu, industri yang menggunakan batubara juga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun, penggunaan batubara sebagai bahan bakar industri juga memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Pembakaran batubara menghasilkan emisi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Selain itu, pembakaran batubara juga menghasilkan limbah dalam bentuk abu dan terak, yang harus dikelola dengan hati-hati untuk menghindari dampak negatif terhadap lingkungan.

Bahan baku kokas

Kokas merupakan bahan baku yang sangat penting dalam proses pembuatan baja. Kokas digunakan sebagai bahan bakar dan reduktor dalam tanur tinggi, tempat bijih besi diubah menjadi besi kasar. Besi kasar kemudian diolah lebih lanjut untuk menghasilkan baja.

Batubara merupakan bahan baku utama untuk pembuatan kokas. Batubara yang digunakan untuk pembuatan kokas harus memiliki kualitas tertentu, seperti kadar abu yang rendah dan kekuatan mekanik yang tinggi. Batubara yang memenuhi syarat tersebut kemudian dipanaskan dalam oven kokas pada suhu tinggi tanpa udara, sehingga menghasilkan kokas.

Proses pembuatan kokas sangat penting karena menghasilkan bahan bakar dan reduktor yang berkualitas tinggi untuk proses pembuatan baja. Kokas yang berkualitas baik akan menghasilkan baja yang kuat dan tahan lama. Oleh karena itu, ketersediaan bahan baku batubara yang berkualitas sangat penting untuk keberlangsungan industri baja.

Bahan Baku Gas Alam

Batubara merupakan bahan baku utama untuk produksi gas alam sintetis, yang juga dikenal sebagai gasifikasi batubara. Proses gasifikasi batubara mengubah batubara menjadi gas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar atau bahan baku industri.

  • Manfaat Gasifikasi Batubara

    Gasifikasi batubara menawarkan beberapa manfaat, antara lain:

    • Mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam yang tidak terbarukan, seperti minyak dan gas bumi.
    • Mengurangi emisi gas rumah kaca karena gasifikasi batubara dapat menangkap dan menyimpan karbon dioksida yang dihasilkan.
    • Menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
  • Contoh Gasifikasi Batubara

    Beberapa contoh proyek gasifikasi batubara yang sukses antara lain:

    • Proyek Sasol di Afrika Selatan, yang telah beroperasi sejak 1955 dan merupakan salah satu operasi gasifikasi batubara terbesar di dunia.
    • Proyek Great Plains Synfuels di Amerika Serikat, yang merupakan proyek gasifikasi batubara komersial pertama di dunia.
  • Masa Depan Gasifikasi Batubara

    Gasifikasi batubara diperkirakan akan memainkan peran penting dalam masa depan energi global. Dengan meningkatnya permintaan akan bahan bakar yang lebih bersih dan berkelanjutan, gasifikasi batubara dapat memberikan solusi untuk memenuhi permintaan tersebut.

Gasifikasi batubara merupakan salah satu cara penting untuk memanfaatkan manfaat batubara sekaligus mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan. Dengan terus mengembangkan dan menyempurnakan teknologi gasifikasi batubara, kita dapat membuka potensi penuh dari sumber daya alam yang melimpah ini untuk memenuhi kebutuhan energi global di masa depan.

Bahan baku tar batubara

Tar batubara merupakan salah satu bahan baku penting dalam berbagai industri. Tar batubara dihasilkan dari proses penyulingan batubara. Manfaat tar batubara sangat beragam, antara lain sebagai bahan baku industri kimia, bahan bakar, dan bahan bangunan.

  • Bahan baku industri kimia

    Tar batubara merupakan bahan baku utama untuk produksi berbagai bahan kimia, seperti benzena, toluena, xilena, dan naftalena. Bahan-bahan kimia ini digunakan dalam produksi plastik, karet, pewarna, dan obat-obatan.

  • Bahan bakar

    Tar batubara juga dapat digunakan sebagai bahan bakar. Tar batubara memiliki nilai kalor yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, pabrik semen, dan industri lainnya.

  • Bahan bangunan

    Tar batubara dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat aspal. Aspal digunakan untuk melapisi jalan, atap, dan lapangan olahraga.

Bahan baku tar batubara merupakan salah satu manfaat penting dari batubara. Tar batubara memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai industri. Pemanfaatan tar batubara secara optimal dapat meningkatkan efisiensi penggunaan batubara dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Sumber energi utama

Batubara telah menjadi sumber energi utama bagi peradaban manusia selama berabad-abad. Manfaat batubara sebagai sumber energi sangatlah signifikan, karena telah mendorong perkembangan teknologi, industri, dan ekonomi global.

  • Pembangkit listrik

    Batubara merupakan sumber bahan bakar utama untuk pembangkit listrik di banyak negara di dunia. Pembakaran batubara menghasilkan panas yang digunakan untuk menggerakkan turbin, yang pada akhirnya menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan kemudian didistribusikan ke rumah, bisnis, dan industri melalui jaringan listrik.

  • Industri

    Batubara juga merupakan sumber bahan bakar yang penting bagi industri. Batubara digunakan sebagai bahan bakar untuk pabrik semen, keramik, baja, dan industri lainnya. Nilai kalor batubara yang tinggi dan ketersediaannya yang melimpah menjadikannya bahan bakar yang efisien dan ekonomis untuk digunakan dalam proses industri.

  • Transportasi

    Sebelum ditemukannya mesin pembakaran dalam, batubara digunakan sebagai bahan bakar untuk lokomotif dan kapal. Meskipun saat ini penggunaan batubara untuk transportasi telah berkurang, namun batubara masih digunakan sebagai bahan bakar untuk beberapa jenis kapal dan kereta api.

  • Pemanasan

    Batubara juga digunakan sebagai bahan bakar untuk memanaskan rumah dan bangunan. Batubara dibakar dalam tungku atau ketel, dan panas yang dihasilkan digunakan untuk memanaskan air atau udara, yang kemudian didistribusikan ke seluruh bangunan melalui sistem pemanas.

Peran batubara sebagai sumber energi utama telah memainkan peran penting dalam membentuk dunia modern. Manfaat batubara telah memungkinkan perkembangan teknologi, pertumbuhan industri, dan peningkatan taraf hidup di seluruh dunia. Meskipun saat ini penggunaan batubara mulai berkurang karena adanya sumber energi alternatif yang lebih bersih dan ramah lingkungan, namun batubara masih tetap menjadi sumber energi yang penting bagi banyak negara di dunia.

Mendorong Revolusi Industri

Manfaat batubara tidak terbatas pada penggunaannya sebagai bahan bakar dan bahan baku industri. Batubara juga memainkan peran penting dalam mendorong Revolusi Industri, yang merupakan periode transformasi teknologi, sosial, dan ekonomi yang dimulai pada akhir abad ke-18.

Sebelum Revolusi Industri, sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan tangan atau dengan bantuan hewan. Namun, dengan ditemukannya mesin uap yang ditenagai oleh batubara, dimungkinkan untuk mengotomatisasi banyak tugas. Mesin uap digunakan untuk menggerakkan pabrik, kapal, dan kereta api, sehingga meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya produksi.

Revolusi Industri memiliki dampak yang mendalam terhadap masyarakat. Pertumbuhan industri menyebabkan peningkatan permintaan akan tenaga kerja, yang mengarah pada urbanisasi dan pertumbuhan kota-kota. Selain itu, Revolusi Industri juga membawa kemajuan dalam bidang transportasi dan komunikasi, yang menghubungkan orang dan bisnis di seluruh dunia.

Penggunaan batubara sebagai bahan bakar untuk mesin uap merupakan faktor penting dalam keberhasilan Revolusi Industri. Tanpa batubara, tidak mungkin terjadi otomatisasi dan peningkatan produktivitas yang menjadi ciri khas periode ini. Oleh karena itu, manfaat batubara sebagai sumber energi telah memainkan peran penting dalam membentuk dunia modern.


Meskipun saat ini penggunaan batubara mulai berkurang karena adanya sumber energi alternatif yang lebih bersih dan ramah lingkungan, namun batubara masih tetap menjadi sumber energi yang penting bagi banyak negara di dunia. Selain itu, batubara juga terus digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai industri. Memahami hubungan antara batubara dan Revolusi Industri memberikan wawasan penting tentang peran penting sumber daya alam ini dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Sumber Energi Alternatif

Seiring meningkatnya kesadaran akan dampak negatif penggunaan bahan bakar fosil seperti batubara terhadap lingkungan, pengembangan dan pemanfaatan sumber energi alternatif menjadi semakin penting. Sumber energi alternatif menawarkan manfaat yang signifikan dalam mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan memitigasi perubahan iklim. Dalam konteks manfaat batubara, sumber energi alternatif dapat memainkan peran penting dalam mengurangi dampak negatif penggunaan batubara dan memastikan keberlanjutan energi di masa depan.

  • Energi Terbarukan

    Sumber energi terbarukan, seperti energi matahari, angin, dan panas bumi, menawarkan alternatif yang bersih dan berkelanjutan untuk bahan bakar fosil. Energi terbarukan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, sehingga dapat membantu mengurangi dampak negatif penggunaan batubara terhadap lingkungan. Selain itu, energi terbarukan juga dapat dimanfaatkan di daerah terpencil yang tidak memiliki akses ke jaringan listrik tradisional.

  • Bahan Bakar Biomassa

    Bahan bakar biomassa, seperti kayu, tanaman, dan limbah pertanian, dapat digunakan sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk batubara dalam pembangkit listrik dan pemanasan. Bahan bakar biomassa menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah dibandingkan dengan batubara, dan juga dapat membantu mengurangi limbah dan meningkatkan keamanan energi.

  • Energi Nuklir

    Meskipun kontroversial, energi nuklir menawarkan alternatif rendah karbon untuk batubara. Pembangkit listrik tenaga nuklir tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca selama operasinya, dan dapat menyediakan sumber energi yang andal dan berkelanjutan. Namun, energi nuklir juga memiliki risiko dan tantangan tersendiri, seperti pengelolaan limbah radioaktif dan potensi kecelakaan.

  • Hidrogen

    Hidrogen merupakan bahan bakar bersih yang dapat diproduksi dari berbagai sumber, termasuk air, gas alam, dan batubara. Sel bahan bakar hidrogen dapat digunakan untuk menghasilkan listrik tanpa menghasilkan emisi gas rumah kaca. Hidrogen juga dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan, menawarkan alternatif yang lebih bersih untuk bahan bakar fosil.

Pengembangan dan pemanfaatan sumber energi alternatif sangat penting untuk mengurangi ketergantungan pada batubara dan memastikan keberlanjutan energi di masa depan. Dengan memanfaatkan sumber energi alternatif yang bersih, berkelanjutan, dan beragam, kita dapat mengurangi dampak negatif penggunaan batubara terhadap lingkungan dan membangun masa depan energi yang lebih berkelanjutan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus Manfaat Batubara

Manfaat batubara sebagai sumber energi dan bahan baku industri telah dibuktikan oleh banyak penelitian ilmiah dan studi kasus. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Sebuah studi yang dilakukan oleh International Energy Agency (IEA) pada tahun 2020 menemukan bahwa batubara masih menjadi sumber energi utama secara global, menyediakan sekitar 27% dari total pasokan energi dunia. Studi ini juga memperkirakan bahwa permintaan batubara akan terus meningkat di masa depan, terutama di negara-negara berkembang.

Studi lain yang dilakukan oleh World Coal Association (WCA) pada tahun 2021 menunjukkan bahwa batubara memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial di banyak negara. Studi ini menemukan bahwa industri batubara menyediakan lapangan kerja bagi jutaan orang dan berkontribusi secara signifikan terhadap pendapatan pemerintah.

Namun, ada juga studi yang menunjukkan dampak negatif dari penggunaan batubara terhadap lingkungan. Misalnya, studi yang dilakukan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) pada tahun 2022 menemukan bahwa pembakaran batubara merupakan salah satu sumber utama emisi gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Perdebatan mengenai manfaat dan dampak negatif batubara diperkirakan akan terus berlanjut. Penting untuk mempertimbangkan semua bukti ilmiah yang tersedia dan terlibat secara kritis dalam diskusi untuk membuat keputusan yang tepat mengenai masa depan penggunaan batubara.

Dengan memahami manfaat dan dampak negatif batubara, kita dapat membuat keputusan yang lebih tepat mengenai masa depan penggunaan batubara dan memastikan bahwa kita memanfaatkan sumber daya alam ini secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Transisi ke FAQ

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat batubara, silakan lihat bagian FAQ di bawah ini.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Batubara

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat batubara:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat utama batubara?

Batubara memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, bahan bakar industri, bahan baku kokas, bahan baku gas alam, bahan baku tar batubara, sumber energi utama, pendorong Revolusi Industri, dan alternatif sumber energi.

Pertanyaan 2: Bagaimana batubara digunakan sebagai sumber energi?

Batubara digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, yang menghasilkan listrik yang digunakan untuk menyalakan rumah, bisnis, dan industri. Selain itu, batubara juga digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin industri, seperti pabrik semen, keramik, dan baja.

Pertanyaan 3: Apa saja dampak lingkungan dari penggunaan batubara?

Pembakaran batubara menghasilkan emisi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Selain itu, pembakaran batubara juga menghasilkan limbah dalam bentuk abu dan terak, yang harus dikelola dengan hati-hati untuk menghindari dampak negatif terhadap lingkungan.

Pertanyaan 4: Apakah ada alternatif untuk batubara?

Ya, ada beberapa alternatif untuk batubara, seperti energi terbarukan (misalnya, matahari, angin, panas bumi), bahan bakar biomassa, energi nuklir, dan hidrogen. Alternatif-alternatif ini memiliki manfaat lingkungan yang lebih baik dibandingkan batubara.

Pertanyaan 5: Bagaimana masa depan penggunaan batubara?

Masa depan penggunaan batubara masih tidak pasti. Beberapa ahli percaya bahwa penggunaan batubara akan terus menurun karena semakin banyak negara yang beralih ke sumber energi alternatif yang lebih bersih. Namun, beberapa ahli juga percaya bahwa batubara akan tetap menjadi sumber energi penting bagi banyak negara di masa depan.

Kesimpulan

Batubara memiliki banyak manfaat, tetapi juga memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Penting untuk mempertimbangkan manfaat dan dampak ini dengan hati-hati ketika membuat keputusan tentang masa depan penggunaan batubara.

Transisi ke Bagian Artikel Berikutnya

Baca bagian selanjutnya dari artikel ini untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat batubara.

Tips Mengoptimalkan Manfaat Batubara

Batubara merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat. Namun, penting untuk menggunakan batubara secara efisien dan bertanggung jawab untuk meminimalkan dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Berikut adalah beberapa tips mengoptimalkan manfaat batubara:

Tip 1: Gunakan teknologi pembakaran yang efisien

Teknologi pembakaran yang efisien dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan limbah yang dihasilkan dari pembakaran batubara. Teknologi ini termasuk teknologi pembakaran berfluidisasi terfluidasi (FBC) dan teknologi pembakaran oksigen (OXY-fuel).

Tip 2: Terapkan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS)

Teknologi CCS dapat menangkap karbon dioksida yang dihasilkan dari pembakaran batubara dan menyimpannya di bawah tanah. Ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Tip 3: Manfaatkan batubara untuk menghasilkan listrik dan panas secara bersamaan (CHP)

Pembangkit listrik CHP dapat menghasilkan listrik dan panas secara bersamaan, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan batubara dan mengurangi limbah.

Tip 4: Kembangkan dan gunakan bahan bakar campuran

Bahan bakar campuran yang menggabungkan batubara dengan sumber energi lain, seperti biomassa atau gas alam, dapat mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi pembakaran.

Tip 5: Terapkan praktik penambangan dan pengelolaan limbah yang berkelanjutan

Praktik penambangan dan pengelolaan limbah yang berkelanjutan dapat membantu meminimalkan dampak negatif batubara terhadap lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips ini, kita dapat mengoptimalkan manfaat batubara sekaligus meminimalkan dampak negatifnya terhadap lingkungan. Hal ini akan memungkinkan kita untuk terus memanfaatkan batubara sebagai sumber energi dan bahan baku industri yang penting, sambil memastikan keberlanjutan lingkungan untuk generasi mendatang.

Kesimpulan Manfaat Batubara

Batubara merupakan sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai bahan bakar, bahan baku industri, dan sumber energi. Batubara telah memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial di banyak negara. Namun, penting untuk menggunakan batubara secara efisien dan bertanggung jawab untuk meminimalkan dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Dengan menerapkan teknologi pembakaran yang efisien, teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon, dan praktik penambangan dan pengelolaan limbah yang berkelanjutan, kita dapat mengoptimalkan manfaat batubara sekaligus meminimalkan dampak negatifnya terhadap lingkungan. Hal ini akan memungkinkan kita untuk terus memanfaatkan batubara sebagai sumber energi dan bahan baku industri yang penting, sambil memastikan keberlanjutan lingkungan untuk generasi mendatang.

Images References :

Posting Komentar

Terima kasih karena telah berkenan memberikan komentar yang membangun untuk blog ini

Lebih baru Lebih lama